Sulap Dekorasi Kamarmu Seperti Baru dalam Sekejap!

Kalau melihat dekorasi interior kamar kos-kosan atau kamar kecil yang ada di Pinterest, Instagram, Asik Aja, ataupun Tumblr, memang sering buat kamu pengin.

Meskipun komposisinya terlihat sederhana, tetapi kamarnya tampak cantik dan sejuk dilihat. Mungkin kamu langsung bertanya-tanya, “Gimana sih tekniknya kok dapat gitu?”

Ternyata taktiknya simpel banget! Di bawah ini, kami telah membuat daftar berbagai jenis proyek DIY (Do It Yourself), mari kita lihat satu persatu!

1. Hanya dengan selotip warna-warni, wall art yang kece sudah dapat kamu buat sendiri!

solasi-tape-di-tembok

Kamu memiliki tumpukan majalah bekas di rumah? Daripada dicuekin begitu aja, cobalah kamu olah jadi hiasan dinding kece seperti yang satu ini.

Prosesnya pun mudah. Kamu hanya butuh gambar dari majalah yang telah kamu gunting rapi, serta solasi warna-warni. Tempelkan gambar ke tembok kamarmu dengan selotip aneka warna ini. Taraaa, hiasan dinding yang kece sudah bisa kamu punya!

2. Tembok kamar yang memuakkan bisa kamu hidupkan dengan ombre wall art ini

tembok-juga-bisa-diombre

Ombre tidak cuma selalu terlihat menarik di rambut atau lipstik saja. Bahkan tembok aja sekarang bisa di-ombre loh! Yang kamu butuhkan hanyalah:

• Kanvas (ukuran apa aja)
• Cat minyak atau air (warna apa aja)
• Kuas ukuran besar
• Piring guna mencampurkan cat, air guna mencuci kuas, serta kain guna mengeringkan kuas

Untuk triknya, kamu tinggal menggambar aja gradasi warna seperti di gambar! Mudah bukan?

3. Manfaatkan sepatumu untuk hiasan. Saat tak dipakai, jajarkan mereka dengan kece di rak kamar

rak-sepatu-jadi-hiasan

Banyak sepatumu yang tak terpakai di lemari? Jadikan pajangan aja! Hobimu mengoleksi sepatu bisa dimanfaatkan untuk menghias kamar.

Triknya mudah: taruh saja sepatu-sepatumu sebagai display di dalam rak buku. Kamar jadi tambah menakjubkan dalam waktu yang singkat!

4. Pintu lama yang sudah nggak digunakan, dapat dimodifikasi jadi rak buku seperti ini

pintu-jadi-rak-buku

Kamu memiliki pintu kayu yang sudah tak digunakan? Jangan buru-buru dibuang. Kamu bisa memodifikasinya menjadi rak buku bernuansa vintage seperti ini.

Pasang kayu yang dimaksud di belakang pintu sebagai alas buku-buku dan majalahmu. Jangan lupa mengecatnya ulang agar terlihat elok. Kalau ada rak buku seindah ini di kamarmu, dijamin kamu bakal betah di kamar terus deh!

5. Lapisi kursimu pakai kain terang agar tak kelihatan membosankan

kursi-decoupage

Kamu memiliki kursi kayu atau plastik yang polos dan terlihat memuakkan? Melapisinya dengan kain terang akan membuatnya terlihat jauh lebih menarik. Prosesnya adalah dengan teknik decoupage sederhana. Ini yang kamu butuhkan:

• kursi
• kain bermotif sesuai pilihanmu
• Mod Podge (biasanya tidak ada di toko buku. Jadi kamu bisa beli online, di instagram ada yang jual)
• gunting
• kapur

Untuk membuatnya, pertama-tama lepaskan alas kursi dari rangka kursi seluruhnya. Letakkan alas kursi tersebut di atas kain supaya kamu bisa mengukur panjang serta lebarnya.

Tandai kain serta potong dengan hati-hati. (supaya lebih rapi, pastikan ukuran kain yang kamu potong dilebihkan 2 1/2 cm dibanding ukuran alas kursi)

Lapisi alas kursimu dengan Mod Podge. Lekatkan kain yang sudah dipotong bagian atasnya, kemudian, olesi permukaan kain pakai Mod Podge. Lalu biarkan selama semalaman.

Esok harinya, potong bagian kain yang menjuntai di keempat sisi alas kursi. Jangan lupa rapikan benang yang juga menjuntai. Lapisi Mod Podge di sisi-sisi terluas alas kursi supaya tidak ada benang yang menjuntai lagi. Daaan jadi, deh!

6. Biar barang-barangmu nggak tercecer lagi, kumpulkan saja di kontainer yang bisa kamu bikinsendiri ini

container-unik

Kamu memiliki kardus bekas susu menumpuk di rumah? Saatnya mengubah kardus ini jadi boks kontainer multiguna. Bisa untuk menyimpan anting, charger, kalung, sampai pas foto dan barang-barang prencil-prencilanmu yang lainnya.

Proses membuatnya juga simpel. Potong karton bekas susu menjadi wadah karton, lalu lapisi dengan kertas kado warna-warni. Setelah wadah karton tersebut jadi, jajarkan semua di dalam laci atau boks kontainer yang lebih besar.

7. Kamarmu akan jadi lebih indah, pakai keset yang lebih nyentrik

keset-welcome

Bosan tidak sih samawarna keset yang cokelat muda ala sabut kelapa? agar kamarmu gak memuakkan, gak ada salahnya untuk membikinkeset warna-warni ini sendiri. Tekniknya pun cukup mudah kok, cuma butuh spray paint atau cat tembok serta lakban.

8. Tumpukan majalah bekas yang sudah tidak kamu baca, bisa disulap jadi bangku lucu dan bermanfaat

bangku-dari-majalah

Lem tumpukan majalah bekas di rumahmu sehingga menempel satu sama yang lainnya. Tempatkan bantal kecil di atasnya dan “ikat” pakai dua buah sabuk. Bangku baru unik ini telah siap membuatkamarmu lebih menarik lagi!

9. Lekatkan nampan berwarna terang ke kulkas supaya kotak abu-abumu itu jadi lebih menakjubkan

nampan-untuk-kulkas

Punya kulkas di kamar kost-anmu? Pasang fridge board dari baki ini saja! Kamu hanya butuh nampan warna cerah dan beberapa magnet lemari pendingin untuk memasangnya. Jangan lupa selipkan to-do list atau foto-foto lucu biarpintu lemari es-mu makin ramai!

10. Sulap kamarmu jadi semacam hutan mini cuma dengan menambahkan tanaman-tanaman ini

tanaman-untuk-di-kamar-tidur

Kamarmu bisa menjadi lebih menakjubkan dengan tanaman-tanaman indoor di berbagai sudutnya. Tak perlu beli yang mahal-mahal, tanaman sejenis aloevera, kaktus, serta lidah mertua saja sudah cukup memberi kesan hidup pada kamar serta bikin kamu betah berada di dalam kamar seharian. Iya tidak? Iyaaa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s